Cara Merawat Rem pada Mobil Matic

Posted on

Agar keamanan dan kenyamanan diraih, sistem pengereman perlu diperiksa secara berkala. Terlebih untuk mobil matic/matik. Sebab, rem akan bekerja lebih keras daripada mobil dengan transmisi manual.

Pada sejumlah varian mobil, indikator sistem pengereman pada dasbor akan menyala apabila fungsi kampas rem tidak bekerja sebagaimana mestinya. Namun, selain melihat indikator pada dasbor, tidak ada salahnya membiasakan mengecek volume minyak rem di tabung reservoir.

Minyak rem yang berkurang, tetapi tidak terlihat adanya kebocoran mengindikasikan bahwa kampas rem mulai tipis. Selain itu, Anda dapat mendeteksi sistem pengereman dengan membuka roda dan melihat kondisi kampas rem. Mendeteksi rem dapat dilakukan dengan merasakan tingkat kedalaman injakan pedal rem. Semakin dalam injakan pedal rem, maka semakin besar pula kemungkinan terjadinya keausan pada kampas rem.

Yang juga terbilang mudah dalam mendeteksi rem adalah merasakan getaran yang timbul saat sistem rem bekerja. Kampas rem yang menipis dan tidak rata akan menghasilkan getaran berlebih. Bunyi atau suara-suara aneh saat pedal rem diinjak juga dapat dijadikan indikasi terjadinya kerusakan pada sistem pengereman. Jangan lupa ya untuk selalu memeriksa sistem pengereman ke bengkel terpercaya. Setidaknya setiap 20 ribu kilometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *