Ride by wire di motor 250cc

Posted on

otomags.com – Selamat pagi kawan-kawan.. Teknologi memang tidak bisa dibendung. Teknologi diciptakan memang untuk mempermudah kerja manusia dalam segala bidang. Tak terkecuali untuk dunia roda dua.
Teknologi kelas wahid diterapkan pada motor flagship (biasanya moge) pabrikan yang secara lambat laun akan “diturunkan” ke lineup motor produksi massal nya. Tapi bagaimana ceritanya jika motor flagship tersebut berkubikasi sedang?

Schema ride by wire

Yup.. Dari informasi tmcblog.com, disinyalir bahwa motor flagship Honda di kelas light weight supersport CBR 250RR akan menggunakan teknologi Ride by Wire yang biasanya hanya diaplikasikan ke lineup motor gede. Tentu berita ini sangat menggembirakan para pecinta motorsport tanah air. Teknologi yang biasanya kita ketahui cuma dari kata orang seperti ini itu akhirnya (kalau jadi) bisa dirasakan oleh pengguna motor kecil juga.

Penggunaan teknologi Ride by Wire ini pun akan membawa imbas positif dan negatif.
Menurut saya, imbas positifnya adalah

  • Pengguna motor semakin melek akan teknologi (walaupun di moge teknologi ini sudah termasuk lama)
  • Bangga menggunakan teknologi terdepan di kelasnya (ditambah dengan suspensi Up Side Down)
  • Dari sisi teknis, karena Ride by Wire dikontrol oleh komputer maka bisa lebih responsif jika dibandingkan sistem konvensional

Tapi selain sisi positif, tentu ada sisi negatif nya juga

  • Perawatan lebih mahal jika panel Ride by Wire bermasalah
  • Tidak semua bengkel bisa menangani motor dengan teknologi ini
  • Harga jual unit motor dipastikan tidak murah :)

Pilihan kembali ke tangan kawan-kawan sebagai konsumen. Kalau boleh sharing, saya tidak tidak mengambil motor ini (jikalaupun akan beli) pada edisi batch pertama. Biarkan dahulu sekitar setahun, setelah itu baru dipinang. Kenapa? Karena menurut saya biasanya kasus-kasus “aneh” sering terjadi di batch pertama ini. Nah nanti setelah di ketahui dimana kekurangan atau cacat produknya, maka di batch kedua biasanya akan lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *