Beli motor ayago atau sport sekalian?

Posted on

otomags.com – Artikel ini adalah sambungan dari artikel sebelumnya di otomags.com yang membahas mengenai kenapa Honda Sonic, Suzuki Satria FU injeksi jarang terlihat di jalanan Denpasar (khususnya). Begini sedikit analisa saya.

honda sonic 150r
honda sonic 150r

Oke kita bahas satu-satu ya. Kenapa Sonic dan Satria kurang begitu laku (unit jarang ada di jalanan) menurut saya karena masa nya sudah lewat. Istilah saya “booming” nya sudah lewat beberapa tahun yang lalu. Saat itu hanya Satria FU yang melenggang sendiri tanpa musuh. Di jaman itu, untuk mendapatkan motor sport yang menarik hati sangatlah susah. Sebut saja old CBR 150 Thai yang masih masuk lewat IU sehingga harganya selangit, Ninja KRR terkendala karena motor 2 tak, Suzuki cuma punya Thunder, Yamaha punya Vixion, Honda punya New Megapro. Nyaris tidak ada yang menarik hati dan powerful. Ow ya bahkan sempat ada anekdot di Denpasar dan Bali secara umum bahwa “lu ga keren kalau ga pakai satria fu” maka jadilah Satria FU 150 melegenda.

Nah jaman pun berganti. Pasar Satria mulai menurun dan mulai digantikan oleh pasar motor sport ber fairing. Seingat saya “motor laki” ini tambah dahsyat boomingnya saat Kawasaki meluncurkan Ninja 250FI dan disambut dengan Honda dengan CBR 250 dan Yamaha dengan R25. Belum lagi ditambah dengan hadirnya sinetron yang menggunakan motor berfairing sebagai properti syuting. Maka image dahulu yang keren dengan menggunakan Satria bergeser dengan keren pakai motor sport. Selisih harga yang lumayan tidak menyusutkan niat para konsumen untuk meminang motor seperempat liter ini. Tampilan keren, macho, bad boy, pembalap, speed racer, show off, sudah terlintas saat akan meminang motor dengan perawakan besar ini.

2011 honda cbr150r colors
2011 honda cbr150r colors

So perlahan namun pasti, pasar ayago pun tergerus. Yang bertahan di kelas ayago ini adalah konsumen yang memang benar-benar suka dengan segmen tersebut. Kalau saya analogikan mirip seperti kelas moge. Jadi belinya memang karena hobi dan suka. Keren dan pendapat orang tentang ayago dalah nomor sekian.

Sampai kapankah ayago akan bertahan? Apakah akan menjelang punah seperti pasar bebek? Entahlah. Kita tunggu saja tanggal mainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *