Beberapa line up Mercedes Benz yang kurang diterima di tanah air

Posted on

otomags.com – Selamat malam kawan-kawan. Bila kita sering membaca dan mengetahui motor mana yang gagal dipasaran, maka di dunia roda empat pun tidak semua line up dari pabrikan laku diserap pasar. Kali ini berdasarkan pengalaman, saya coba merangkum line up dari pabrikan Mercedes Benz yang kurang bisa diterima pasar.

Mercedes Benz seri A

Mercedes Benz A Class 2016

Mercedes Benz seri A ini sejatinya diperuntukkan untuk keluarga kecil. Mobil ini mempunyai dimensi yang sangat kompak. Kalau dilihat dari parikan Jepang ataupun Korea, seri A ini adalah city car dari Mercedes Benz. Tidak jelas kenapa mobil ini tidak bisa diserap pasar dengan bagus. Kalau menurut saya kemungkinan adalah kebiasaan masyarakat kita yang walaupun keluarga kecil tapi ingin memiliki kendaraan yang besar. Jadi seri A ini dianggap terlalu kecil.

Mercedes Benz seri B

2015 Mercedes Benz B Class

Mercy seri B ini juga mengalami nasib yang sama dengan seri A. Bahkan seri B lebih parah. Coba kawan perhatikan di jalanan. Seri B ini sangat jarang ditemui. Kalau seri A dianggap terlalu kecil, maka seri B ini memiliki dimensi yang lebih besar. Tetapi tetap tidak bisa diterima pasar. Untuk seri B ini menurut saya yang menjadi penyebabnya adalah image dari Mercedes Benz itu sendiri. Mercedes Benz adalah merek premium. Dan untuk sebuah mini MPV bukanlah segmen yang sesuai “gengsi” tersebut.

Mercedes Benz seri R

2012 mercedes benz r class

Nah ini adalah seri Mercedes Benz yang sangat langka terlihat dijalanan. K dilihat dari bentuknya, cocok rasanya seri R ini dimasukkan ke kelas MPV seperti lawannya dari merek Jepang seperti Innova ataupun dari Honda dengan Odyssey nya. Seperti juga saudaranya seri A dan seri B, seri R ini tidak bisa direspon pasar dengan bagus. Mengapa bisa kurang laku? Nah ini dia agak susah menganalisanya. Tapi kemungkinan paling besar adalah karena mobil ini dipandang “aneh” oleh customer.

Dari 3 line up tersebut, saya bisa simpulkan bahwa di Indonesia, Mercedes Benz itu adalah brand premium. Dan line up yang cocok untuk brand premium adalah sedan. Maka line up selain sedan akan sangat susah mendulang penjualan. Coba saja bandingkan Mercy seri E (sedan) dan seri R harganya tidak terpaut jauh. Tapi populasi seri E jumlahnya banyak sekali.

Di kelas premium ini tentu uang bukanlah faktor utama, tapi kenyamanan dan keinginan si customer adalah yang utama.
Semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *